General Manager Ciputra World Hotel Surabaya melakukan Sustainable University-Industry Collaboration dengan Manajemen Perhotelan

Surabaya, 31 Oktober 2023 – Sustainable University-Industry Collaboration menjadi landasan bagi inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan. Melalui kemitraan ini, universitas dan industri saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama yaitu keberlanjutan ekonomi, lingkungan, dan sosial.  Universitas menyediakan sumber daya intelektual, penelitian dan akademis yang dapat membantu industri  menghadapi tantangan saat ini. Sarjana terapan Manajemen Perhotelan melakukan Kerjasama dengan Hotel Ciputra World Surabaya dalam bentuk Webinar dengan tema Strategi Captive Market. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari pihak Prof. Tika Widiastuti selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Ratusan peserta yang merupakan 103 mahasiswa dari program manajemen perhotelan Universitas Airlangga, bergabung secara virtual untuk mendengarkan pemaparan General Manager Ciputra World Hotel Surabaya, Bapak Jeffry Febrianto. General Manager, yang memiliki pengalaman panjang di industri perhotelan, memulai sesinya dengan mendalam membahas fasilitas mewah yang ditawarkan oleh hotel bintang 5 Ciputra World Surabaya. Selanjutnya beliau membahas mengenai captive strategy dengan menentukan strategi pricing yang tepat.

 

 

Peserta, termasuk mahasiswa Universitas Airlangga, dengan antusias mengajukan pertanyaan terkait penerapan peran Ciputra World Hotel dalam sustainability sekitar. Pertanyaan diajukan oleh Dewa Gede Satrya Darmawan, yang merupakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) berasal dari Politeknik Negeri Bali. Diskusi berlangsung dengan memberikan pandangan mendalam tentang peran Ciputra World Hotel bekerja sama dengan dinas pariwisata Surabaya dan UMKM sekitar Surabaya barat.

Webinar ini mendapatkan respons positif dari partisipan, yang merupakan mahasiswa Universitas Airlangga, online seminar ini berhasil menciptakan platform yang sangat bermanfaat untuk pertukaran ide dan pembelajaran.”Kami sangat senang melihat antusiasme dan keterlibatan dari semua peserta. Semoga pengetahuan yang diperoleh dari seminar ini dapat diaplikasikan dalam karir dan studi teman-teman,” ujar Karisko, selaku moderator webinar.

 

 

Online seminar ini menjadi contoh bagaimana kolaborasi antara industri dan akademisi dapat menciptakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan langsung dari para pemimpin industri. Naskah Kerjasama dalam bentuk MoU telah ditandatangani oleh Fakultas Vokasi dan juga Ciputra World Hotel. Beberapa Alumni D-III Manajemen Perhotelan telah bekerja di Ciputra World Hotel, tak hanya alumni, mahasiswa sarjana terapan manajemen perhotelan juga sedang melakukan magang selama 6 bulan di hotel bintang 5 tersebut. Hal ini menjadi contoh nyata bahwa Sustainable University-Industry Collaboration yang diusung oleh Airlangga Global Engagement ini telah sukses dilaksanakan oleh program studi Manajemen perhotelan.

 

 

Webinar ini dilaksanakan dengan mengundang para ahli dibidang Hospitality. Pada sesi pertama materi Strategi Captive Market disampaikan oleh General Manager Ciputra World Hotel Surabaya, yang merupakan program SUIC dari ibu Umi Farichah Bascha, SE., MM dan dilanjutkan dengan sesi kedua dengan materi Future Work Force yang disampaikan oleh Bapak I Gede Wiwin Suyasa dari American Hotel And Lodging Educational Institute mitra Indonesia yang merupakan program SUIC dari Prof. Dian Yulie Reindrawati.

 

Penulis: RA. Rizma Pujatirta Haryaning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *